Assalamu’alaykum Wr.Wb , Hey guys perkenalkan saya Arga Essa Pramudya , lahir 21 tahun yang lalu disolo 28 Oktober 1993 , writer Argaessa.wordpress.com sekaligus mahasiswa salah satu perguruan tinggi disolo yaitu Universitas Sebelas Maret, Angkatan 2012. Saya mengambil jurusan di Prodi Diploma 4 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja fakultas Kedokteran. Sekarang saya jalan semester 5, sebelumnya saya sudah memiliki blok pertama saya pada saat kelas 2 SMA, saya yaitu di SMAN 1 Karanganyar. Blog pertama saya memuat tentang perkembangan Teknologi dan otomotif dikalangan anak muda, namun blog saya sudah diblog karena sudah di non aktifkan oleh admin blogger. Dan sekarang adalah blog ke 2 yang akan saya garap semanis mungkin agar teman teman  dapat mengetahui apasih K3 itu, Seberapa penting K3 itu dan bagaimana proses K3 itu bisa menjadi suatu budaya..

Alhamdulillah mulai semester 3 sampai sekarang jalan semester 5 saya sudah mulai merasakan apa sih yang akan saya lakukan dengan jurusan K3 ini setelah saya lulus nanti, dulu pada saat semester 1 dan 2, kuliah saya lebih dominan lebih ke ilmu pengetahuan kesehatan yang ada di fakultas kami yaitu Fakultas Kedokteran UNS. Dengan ilmu tersebut saya dapat mengambil sisi positif kenapa saya harus mempelajari mata kuliah – mata kuliah yang mungkin sebagian orang berfikir mata kuliah tersebut tidak digunakan. Ternyata prediksi saya dan mereka salah besar. Mata kuliah seperti Biologi,kimia Fisika Kesehatan, Biokimia,gizi kerja, anatomi,Fisiologi ternyata sangat digunakan dalam implementasi K3 itu sendiri, untuk menilai bagaimana keadaan yang sesuai dan tidak sesuai tentang kesehatan para pekerja maupun lingkungan kerja.

Di K3 FK UNS itu sendiri mengajarkan kami, khususnya saya pribadi untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan para pekerja untuk selalu waspada pada setiap hal yang terdapat di tempat kerja, karena suatu benda yang sepertinya dia hanya diam, justru itu yang memiliki potensi besar timbulnya hazard yang tidak terlihat. Dengan mata Kuliah yang menunjang dan membuka wawasan kami untuk berimajinasi dan diberikan praktikum serta pemecahan masalah, Alhamdulillah banyak membantu  dan untuk selalu berfikir bagaimana untuk bersikap disiplin dan tanggap terhadap resiko bahaya yang terdapat di lingkungan sekitar.

Pada semester awal mungkin banyak sekali materi dasar di berikan seperti Mata kuliah Agama, kewarganegaraan, Ilmu sosial Budaya, Pancasila bahasa inggris biologi fisika kimia mikrobiologi, dan matakuliah perkenalan tentag K3 yaitu Dasar K3L, Dasar-Dasar Manajemen, pada semester awal ini sangat membuat saya termotivasi, karena beberapa kakak tingkat kami memberikan motivasi terhadap pilihan kami ini, dengan apa yangbeliau kerjakan setelah lulus dan yang pasti pengalaman dan income kakak tingkat yang mungkin membuat kami termotivasi hehehe bukan matre sih tapi realistis, untuk mensejahterakan keluarga. hehe

Di semester 2 saya diberikan Mata Kuliah seperti Higiene Industri, Anatomi Fisiologi,Keselamatan Kerja,Ergonomi,Pencemaran Lingkungan, Higine dan Sanitasi Lingkungan/HSL,  Biokimia/gizi kerja serta PerUndang-Undangan. Disester tersebut semakin banyak mata Kuliah yang harus dikuasai dan semakin sesuai dengan jurusan yang kita ambil tentang K3.

Disemester 3 semakin menyenangakan dan permainan imajinasi tentang bekerja di pertambangan atau perminyakan pun bermunculan, Mata Kuliah yang diberikan di semester 3 menyenangkan, yaitu matakuliah Higiene Industri , Kesehatan Kerja, Keselamatan Kerja, Ergonomi, Psikologi Kerja, Manajemen Penanganganan dan Pengolahan Limbah.

Untuk share cerita semester 4 dan selanjutnya kamu daftar gih ke D4 K3 FK UNS,  inshallah bermanfaat dan bisa lebih tau bagaimana sih jadi SQUAD K3 FK UNS , So cukup sekian perkenalan saya Semoga bermanfaat yang nanti saya posting , syukron , Wasslamu’alaykum Wr.Wb

Leave a Reply

